iconnect

Seringkali ketika saya melakukan training, atau kunjungan ke beberapa kota, banyak agent yang bertanya saya mengenai data-data administrative, seperti data seputar  nasabah, bagaimana mau cek jumlah dana nasabah, lupa dengan alih waris, dan masih banyak lagi.

Sebelum saya menjawab pertanyaan dan membagikan informasi, bagaimana cara yang efektif untuk mengatur administrasi, saya akan mengajak Anda sekalian untuk memahami pentingnya memiliki data administrasi yang lengkap dan detail.

Ketika kita memutuskan untuk terjun dalam bisnis asuransi, sebenarnya yang harus kita pikirkan bukan hanya prospek dan rekrut, melainkan juga mengenai administrasi dari bisnis kita. Mengapa begitu penting? Melalui system administrasi yang lengkap dan tepat, maka akan sangat membantu kita dalam memberikan after sales yang baik untuk nasabah dan juga membantu kita untuk menganalisa perkembangan bisnis yang kita bangun serta informasi berita, memo, form-form, dan update company yang terbaru.

Dulu ketika saya mulai berbisnis di asuransi, saya meremehkan mengenai pentingnya administrasi. Saya berpikir bahwa dalam bisnis ini yang penting target tercapai, income bertambah. Namun ternyata saya salah. Ketika nasabah dan agent mulai bertambah banyak, data administrasi tersebut sangatlah diperlukan. Dari waktu ke waktu, saya mulai menemui banyak hambatan karena system administasi saya kurang bagus. Hal ini juga menjadi semakin sulit karena di company saya yang lama, system administrasinya juga manual. Sehingga ketika butuh untuk mengecek data nasabah kita, misalnya seperti jumlah dana yang ada sekarang berapa, apakah polisnya masih aktif, kapankah jatuh tempo terdekat, apakah pembayaran preminya sudah masuk atau belum, kita harus mengkonfirmasi secara manual ke Jakarta, di mana hal ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari kerja. Selain itu, karena saya akhirnya menyadari bahwa administrasi data-data ini sangat penting, saya membeli satu lemari pribadi, dan saya mengarsip, mengcopy data nasabah dan agent saya satu persatu. Sehingga bisa dibayangkan, pada saat itu posisi saya sebagai manager namun lemari itu sudah sesak dipenuhi kertas dan tidak cukup. Admin agency kami juga melakukan hal yang sama. Dulu di kantor saya yang lama, pada ruangan admin terdapat lemari raksasa, sebagai tempat untuk menyimpan semua foto copy data transaksi, data nasabah, dan data agent dari seluruh agency. Dulu saya sering bercanda, kalau competitor ingin menghancurkan agency kami, cukup hanya dengan membakar lemari itu, maka agency kami akan langsung kehilangan seluruh data yang penting.

Banyak hal yang terjadi karena system yang manual tersebut. Contohnya ketika ada agent yang meminjam data tersebut, namun kemudian tidak dikembalikan ke tempatnya (sesuai urutan). Di kemudian hari, ketika data tersebut dibutuhkan lagi, maka admin kami akan menghabiskan waktu hampir seharian untuk membongkar lemari tersebut dan mencari data yang dibutuhkan. Bisa Anda bayangkan betapa pada saat itu susah sekali untuk memanage data. Suatu ketika hujan lebat turun, dan akhirnya ada air yang masuk ke ruangan, tempat lemari data saya berada. Saya begitu stress karena ada beberapa data saya yang rusak karena terendam air.

Ya, itulah masa lalu. Ketika saya berada di Generali, saya merasakan perubahan yang begitu drastis dalam mengelola data yang berhubungan dengan bisnis saya. Saat ini, semua data itu bisa saya akses dalam genggaman saya, artinya saya tinggal membuka Galaxy Note atau ipad saya, dan semua data yang berkaitan dengan bisnis saya akan muncul. Mulai dari jatuh tempo, alih waris, spesifikasi produk, memo company, analisa bisnis, data produksi, data rekrutment, data struktur agency, dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitu lengkap, detil, dan friendly user. Lebih menarik lagi, ketika pertama kali Anda mengakses portal ini, akan muncul to do list, berupa nama nasabah yang ulang tahun di bulan itu, polis yang lapse, polis yang jatuh tempo bulan itu, data validasi. Sungguh sangat praktis. Saya merasa dari jaman purba sekarang saya berubah ke jaman masa depan yang menggunakan teknologi. Anda penasaran portal apa yang saya maksud? Kami menyebutnya dengan iConnect. Setiap agent resmi Generali Indonesia akan mendapatkan user id dan password dari iConnect. Di mana portal ini yang akan menjadi jantung bisnis Anda karena semua informasi yang Anda butuhkan akan tampil di sana. Kadangkala ketika saya mengingat masa lalu, saya tersenyum sendiri karena membandingkan masa yang dulu sukar sekali untuk mengakses data, sekarang menjadi sangat mudah sekali.

Tapi ironisnya, tidak semua agent memanfaatkan iConnect ini dengan maksimal. Jadi seringkali ada pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya jawabannya sudah tersedia di iConnect namun masih juga ditanyakan ke admin agency atau leadernya.

Melalui artikel ini, saya menghimbau dan mengajak Anda semua yang berbisnis di Generali Indonesia, mari manfaatkan portal yang canggih dan luar biasa ini untuk memperluas dan memperlancar bisnis Anda. Anda bayangkan, ketika Anda memiliki jaringan hingga 5 generasi, iConnect ini mampu menampilkan secara rinci siapa saja orang yang ada dalam jaringan Anda, meski jumlahnya ribuan, dan menampilkan secara rinci omset dari seluruh jaringan Anda. Dahsyat bukan!.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di Senior Bussiness Director!! (PS)

hq animasi11

Ruko HR. Muhammad Square Blok C-27
Jl. Raya Darmo Permai II Surabaya
Jawa Timur - Indonesia