MENGERTI ATAU PAHAM

Dalam banyak forum diskusi, sering saya ditanya, tentang kategori bisnis kita. Yaitu Bisnis Agency Life Insurance.  Mungkin banyak yang mengatakan sebagai bisnis keuangan. Namun saya mengkategorikan sebagai bisnis tentang manusia. Bukan bisnis manusia. Tapi bisnis tentang manusia.Mengapa demikian? Karena sepanjang perjalanan membangun bisnis ini akan banyak hal tentang kehidupan dan berhadapan dengan keunikan manusia.

artikel

Bila kita bertemu dengan sekelompok anak kecil, usia anak TK atau anak SD, dan kita bertanya apa cita cita mereka? Ada yang menyebut Dokter, Arsitek, Polisi, Pilot...dan sejumlah profesi lainnya. Dan tidak ada yang mengatakan, saya ingin menjadi Agen Asuransi !!!
Sejak awal memang sudah disadari bahwa profesi sebagai agen asuransi jiwa adalah tidak membanggakan. Bahkan cenderung boleh disebut profesi yang memalukan.

agen di benci

Sering ketika saya merekrut orang untuk bergabung dalam bisnis life insurance, salah satu keberatan mereka adalah timbul persepsi kalau menjadi agen asuransi dibenci orang. Bahkan ada yang bilang, dijauhi teman teman. Apakah memang benar seperti itu ?
Situasi apapun bisa saja terjadi pada semua profesi. Baik itu salesman mobil, marketing bank, dan sejumlah profesi yang lain. Untuk menjadi disenangi atau dibenci bukan harus melewati sebuah profesi.

Mengapa Kebanyakan Agen Gagal

1Agen tidak / kurang mempunyai ketrampilan menjual.

Pada umumnya di beberapa perusahaan asuransi terjadi hal yang ironis. Para agen diajar ketrampilan penjualan oleh para trainer, yang bukan pelaku bisnis. Tanpa bermaksud mengecilkan arti peranan trainer, tentunya akan lebih efektif, bila peran pengajar yang berhubungan dengan skill penjualan dilakukan oleh para leader, yang secara fakta mereka sudah terbukti adalah pelaku di lapangan. Sehingga apa yang diajarkan adalah merupakan pengalaman nyata, aktual, dan bukan sekedar teori.

tebingBanyak yang mengatakan bahwa bisnis asuransi adalah bisnis yang paling sulit. Apakah memang benar begitu?
Sementara kita banyak mendengar teman teman kita banyak yang sukses. Mereka bisa memperoleh apa yang menjadi impiannya. Ada yang bisa membeli mobil. Membawa keluarganya jalan jalan dan belanja ke luar negeri. Bisa membeli rumah dan sejumlah properti. Dan tidak sedikit mereka yang kaya raya dari bisnis asuransi. Tentunya ini menjadi bahan pertanyaan, apa modal yang harus dibutuhkan seorang agen sebagai dasar memulai dalam bisnis asuransi?

hq animasi11

Ruko HR. Muhammad Square Blok C-27
Jl. Raya Darmo Permai II Surabaya
Jawa Timur - Indonesia