New Article Released  " INDONESIA LUAR BIASA "

BEDA APLIKASI TAPI SALING BONCENG
 

Test1234

Test 1234

Live Chat

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Event Calendar

Last month November 2018 Next month
M T W T F S S
week 44 1 2 3 4
week 45 5 6 7 8 9 10 11
week 46 12 13 14 15 16 17 18
week 47 19 20 21 22 23 24 25
week 48 26 27 28 29 30
 

GRUP CHAT, BAGAIMANA ETIKANYA?

 

chat grupDi masa sekarang, sudah merupakan budaya baru, sekelompok komunitas selalu mempunyai grup chat. Di awal maraknya aplikasi chat, hanya dipergunakan untuk berkomunikasi layaknya dua orang berbicara, namun menggunakan tulisan. Dimana kalimat yang tersaji sangat tergantung dengan kuantitas dan kualitas kosa kata penulisnya. Jadi jangan heran sampai hari ini banyak yang masih tidak menggunakan tanda baca. Tanda koma masih jarang digunakan. Sehingga kadang membutuhkan waktu sekian detik atau menit untuk mengartikan dengan (mendekati) tepat sesuai maksud penulisnya.. Wkwkwk....

Di sini mulai dibutuhkan bagaimana menggunakan kata dan kalimat yang pas, sehingga tidak menimbulkan salah pengertian,  atau gagal paham. Mengingat kalimat atau kata dilontarkan tanpa ekspresi. Kemudian berkembang dengan lahir emoticon yang cukup membantu untuk mewakili ekspresi penulisnya. Kata kata yang tajam namun diberi emo tertawa akan diartikan gurauan. Sangat membantu.

Selanjutnya mulai dibutuhkan komunikasi lintas dan multi, sehingga lebih efisien dengan adanya grup chat. Yang langsung bisa dibaca sekelompok orang tanpa harus mengulang pesan. Sekaligus bisa berinteraksi secara kelompok. Dan bisa saling menimpali. Menghemat waktu dan praktis!!

Saat ini grup chat sudah mewabah. Terjadi pengelompokan dari komunitas, mulai dari pekerjaan, bisnis, arisan, alumni, warga, atau apapun. Sehingga dalam satu gadget bisa ada banyak grup chat, bahkan ada yang belasan. Untungnya dalam setting aplikasi tersebut bisa diatur untuk silent atau mute. Saya tidak bisa bayangkan, bila notifikasi tidak bisa dibuat silent. Bisa dipastikan tiap menit akan berbunyi. Apalagi di dalam grup chat yang anggotanya bisa ratusan. Yang aktif bisa bergantian waktunya. Ada yang mulai start subuh, tengah hari, ada yang bagian malam, bahkan hingga tengah malam. Di gadget saya ada yang seperti itu. Wkwkwkwk.....

Pada dasarnya grup chat ini bila dimanfaatkan dengan benar, maka akan lebih memudahkan komunikasi yang berhubungan dengan kebersamaan. Karena dengan adanya grup chat, akan terasa tiap hari saling berkomunikasi. Sekalipun tidak bertatap muka. Namun terasa saling jumpa. Bila digunakan untuk kepentingan bisnis, maka member nya akan selalu mendapat update info sehubungan dengan bisnisnya.

 

Namun, apakah semua menyukai grup chat ? Jawaban tentu akan beragam. Antara yang mendukung, juga ada yang antipati.

 

Mengapa demikian?

Karena masih banyak diantara kita masih belum mengerti tentang 'etika' grup chat. Sehingga jangankan mendapatkan kenyamanan, malah terasa menjadi gangguan.

 

Hal pertama yang perlu diketahui oleh member adalah tujuan utama grup chat yang dibentuk.

Apakah untuk kepentingan informasi, bisnis, atau sekedar ajang silahturahmi. Ini yang perlu ditaati oleh member chat grup.

Karena jangan pernah berharap bisa membuat grup chat yang multi fungsi. Lebih baik membuat grup yang lebih banyak dalam gadget Anda, asalkan tepat guna. Sehingga punya manfaat yang maximal.

 

BILA UNTUK KEPENTINGAN BISNIS, maka isi dari grup chat tersebut tujuannya adalah memberi informasi kepada para member nya sehingga tidak ketinggalan informasi.

Isi grup chat ini, memungkinkan digunakan untuk ajang diskusi dan tanya jawab antar member. Sehingga bisa belajar dan berbagi pengalaman antar member.

Tentu saja di dalam grup chat ini dihindari hal hal di luar kepentingan bisnis.

 

Pernah suatu saat dalam sambung

menyambung chat tentang hal yang penting,

tahu tahu....ada chat masuk yang berisi

info hal yang 'tidak penting' bagi bisnis.

(Pengirimnya tanpa dosa....hikz...hikz...).

 

 

Tidak ada candaan atau iklan apapun di luar bisnis yang digeluti bersama. Kondisi ini jangan diartikan kaku atau serius. Karena memang tujuan grup chat ini untuk mengakomodir pembicaraan tentang bisnis.

 

Sehingga semua member

akan menganggap notifikasi grup ini

mempunyai KEPENTINGAN dalam bisnis.

 

Setiap member akan menganggap

apa yang masuk dalam chat

adalah hal penting yang LAYAK dibaca.

 

Karena bila etika ini dilanggar, dan mulai banyak yang masukkan chat hal hal di luar bisnis, maka banyak member yang menganggap tidak penting.

Sehingga SAAT ada chat yang PENTING,

akan DILEWATKAN, karena DIANGGAP hanya candaan semata.

Dan tentu saja hal begini akan merugikan member.

 

Di sini tidak ada chat yang berisi petuah petuah, nasehat, apalagi foto makanan. Prinsipnya isi chat HARUS BERHUBUNGAN DENGAN BISNIS!!

 

....persoalan grup ini sepi tidak ada masalah,

kalau memang tidak ada sesuatu yang perlu dibahas

atau disampaikan. Jangan hanya ingin suasana ramai,

tapi isinya tidak berbobot,

atau malah mengganggu member yang lain.

 

Dengan mengerti dan memahami etika ini, maka...bagi yang merasa melanggar etika ini bertobatlaahh....hahaha....

 

Bila untuk ajang SILATURAHMI...akan dengan mudah penggunaannya. Karena isi chat bisa beraneka ragam. Apapun bisa ada di sana. Dan member dengan sadar bahwa chat grup ini berisi hanya sekedar menyambung komunikasi antar anggota. Isi bisa foto foto yang kadang tidak berhubungan dengan topik. Humor. Kuliner. Atau broadcast dari tetangga sebelah. Karena member tidak selalu membuka grup chat ini. Mereka nimbrung di saat mereka lagi santai. Jadi tidak membuka grup chat ini tidak akan kehilangan update apapun. Di buka baik, tidak di buka juga tidak ngefek apa apa. Yang penting semua

heppi.

 

Apa dasar etika nya?

 

 JANGAN PERNAH melakukan chat yang isinya sebenarnya hanya ditujukan kepada orang tertentu dalam grup chat tersebut, namun memaksa member lain yang tidak mempunyai kepentingan harus membuka dan membaca chat tersebut.

 

Obrolan dalam grup chat:

- Hei Ali lu dimana? Yok makan bareng....

- Besok gw jemput lu jam berapa? Gw tunggu di depan pos jaga ya....

- Makasi ya Den sudah bantuin gw...

 Chat jenis ini harusnya dihindari dalam grup chat. Karena harusnya bisa langsung japri, karena member lain tidak berhubungan, sehingga mengganggu yang lain.

Saya tidak habis pikir, kenapa orang ini tidak japri langsung ya....gagal paham...hehe...

 

Di dalam chat grup hindari topik yang mengandung SARA. Karena harus dimengerti di dalam grup chat tersebut bisa multi ras, multi agama. Sehingga tidak menyinggung rasa antar member.

Membahas soal agama, atau menyebut salah satu agama sebaiknya dihindari pada grup chat yang umum. Kecuali bila memang anggota grup chat berasal dari komunitas agama yang sama. Atau memang tujuannya membahas soal kegiatan agama tertentu.

Etika lain yang sebenarnya tidak harus dibahas, karena harapannya semua mengerti, namun mumpung ada kesempatan mengingatkan. Hindari ber gosip ria antar teman, sekalipun yang bersangkutan tidak ada dalam member. Intinya berlakulah bijak, agar setiap kata atau kalimat yang diluncurkan dalam grup chat membawa dampak positif. Hindari menjadi kompor atau bensin, yang menambah kobaran api, di saat timbul kesalah pahaman yang tersampaikan.

Tentu saja petuah ini bukan berupa kata bijak atau wisdom yang sering di broadcast, namun bila kita mau sedikit ber toleransi untuk menjalankan etika tak tertulis, (sekalipun ini berupa tulisan) ...hidup akan terasa lebih indah...

Selamat membuka grup chat baru, dengan pemahaman baru...wkwkwk...(HC) This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

Headquarters Visitors (Sejak 10 April 2013)

1676385