spaj

Banyak Agen di industri asuransi menganggap siklus penjualan terbatas pada kemampuan agen untuk melakukan closing. Mereka mempunyai bank nama yang berkualitas. Mereka punya kemampuan melakukan pendekatan dan mmbuat janji via telepon yang profesional. Penampilan yang meyakinkan sehingga menimbulkan kepercayaan kepada prospek. Penguasaan akan presentasi yang bagus. Disertai ketrampilan menangani keberatan yang sangat meyakinkan. Keberanian melakukan trial closing, hingga akhirnya prospek memutuskan untuk menjadi nasabah.

Apakah dengan kemampuan di atas sudah dipastikan komisi masuk ke rekening Anda ?
Siklus di atas layaknya masih seperti fatamorgana. Komisi hasil dari closing belumlah bisa diterima bila polis belum issued. Banyak kejadian karena lambatnya proses issued menyebabkan nasabah marah dan akhirnya membatalkan proses pengajuannya. Pada dasarnya proses issued di company berkisar 4 - 5 hari kerja. Asal semua dokumen sudah dilengkapi dan memenuhi persyaratan baik fisik maupun legal. Polis bersifat dokumen kontrak antara Perusahaan dan Pemegang Polis. Jadi semuanya harus benar secara legalitas.
Kenapa sampai proses issued bisa lama? Semua itu karena proses pengisisan SPAJ dan dokumen yang tidak lengkap.

Bagi saya selama menjadi agen asuransi, proses pengisian SPAJ adalah bagian yang paling saya sukai. Karena ini pekerjaan yang saya lakukan yang pasti menerima uang!!
Siklus penjualan yang yang lain bukan hal yang tidak penting. Tapi siklus itu tidak menghasilkan uang secara langsung. Sedangkan pengisian SPAJ adalah proses yang memastikan saya mendapat penghasilan. Oleh sebab itu, saya tidak pernah menyuruh staf administrasi atau sekeretaris saya yang mengisi. Saya selalu mengisi sendiri, dan saya sangat menyukai mengisi SPAJ !! Banyak agen secara tidak sadar mengatakan paling malas mengisi SPAJ, sebenarnya hal ini tidak bagus bagi alam bawah sadarnya. Karena membenci mengisi SPAJ sama dengan benci dengan closing!! Ketika saya mengisi SPAJ, saya selalu tidak mau diganggu. Saya selalu konsentrasi waktu mengisinya. Tulisan saya selalu bagus dan rapi. Saya tulis dengan konsentrasi tinggi sehingga tidak kesalahan kecil maupun besar yang terjadi dalam penulisan.
Apakah karena saya menyukai pekerjaan adminstrasi sehingga saya menyukai mengisi SPAJ ? Saya suka mengisi SPAJ bukan karena suka pekerjaan administrasi. Tapi karena saya tahu berapa saya dibayar ketika mengisi SPAJ ini. Kadang saya 'dibayar' hanya 700 rb an yang diangsur 12 kali dalam 12 bulan. Tapi saya pernah 'dibayar' 200 an juta dalam sekali mengisi SPAJ !!!.
Mengapa saya harus mengisi SPAJ sendiri? Karena harusnya yang mengisi SPAJ adalah calon nasabah. Namun sebagai agen saya yang mewakilinya. Bila tugas ini saya delegasikan ke orang lain, bagaimana orang itu bisa menjiwai proses pengisiannya? Mengisi SPAJ berkaitan dengan proses yang lainnya. Apakah itu berkaitan dengan dokumen, atau berkaitan dengan kondisi fisik dan medis calon tertanggung. Kesalahan penulisan akan menyebabkan pending case. Yang artinya proses lebih lama. Atau bahkan menyulitkan nasabah, dengan meminta tambahan data atau meminta tanda tangan ulang. Dengan menguasai pengisian SPAJ, maka bila diperlukan kita bisa meminta penjelasan langsung ke nasabah, atau meminta dokumen tambahan langsung tanpa harus menunggu pending case. Sering kali agen harus berulang ulang menemui nasabah, hanya karena persyaratan administrasi yang kurang, sehingga harus merepotkan nasabah. Bila sejak awal sudah tahu, harusnya bisa diselesaikan saat itu juga. Atau pemberian informasi tentang fisik dan medis yang kurang lengkap dan jelas, memyebabkan underwriting tidak bisa memprosesnya. Dalam situasi ini, sering agen menyalahkan underwriting, seakan mempersulit agen atau nasabah. Padahal harusnya banyak hal yang bisa diantisipasi di awal, sehingga proses bisa berjalan lebih lancar. Proses administrasi yang melengkapi SPAj juga meliputi persyaratan medis. Sering saya temui proses SPAJ pending, karena harusnya memerlukan medical check up nasabah, namun agen tidak tahu persyaratan itu. Dan ketika nasabah diberi tahu, nasabah marah. Nasabah berpikir company berbelit dalam proses. Dan menolak untuk melakukan medical check up. Situasi seperti ini harusnya tidak terjadi bila sejak awal agen mengertahui persyartan ini, dan bisa dikomunikasikan langsung di awal closing ke nasabah. Bayangkan, closing yang didapat bukanlah hal yang mudah, melalui proses yang panjang. Dan batal hanya karena agen tidak menguasai administrasi. Semua persyaratan yang seperti ini harusnya bisa dipelajari. Semuanya mudah bila kita memang mau belajar. Masalah yang sering terjadi karena agen sering meremehkan hal hal kecil ini, yang ujungnya menghambat penerimaan komisi.
Sering saya bertanya kepada para agen, apakah bisnis yang kita tekuni saat in bisnis besar atau kecil ? Hampir semua agen menjawab, ini adalah bisnis besar!! Pertanyaan saya berikutnya, apakah Anda memperlakukan bisnis ini sebagai bisnis besar atau kecil? Karena bila Anda memperlakukan pekerjaan kita sebagai bisnis besar, tentunya Anda akan melakukan persiapan yang matang agar semua berjalan lancar. Sejak saya membuat ilustrasi kepada prospek, saya sudah membayangkan proses SPAJnya. Apakah termasuk harus memerlukan medical check up, atau non medis, agar bila memerlukan medical check up, saya bisa menginfokan di awal closing. Dan semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan diminta ke nasabahnya sekaligus. Sering terjadi karena tidak tahu persyaratan dokumen yang diperlukan, agen datang berkali kali meminta kelengkapan dokumen yang kurang sehingga hal ini menggganggu nasabah, dan memberi kesan buruk dan tidak profesional. Ini akan semakin memperburuk citra asuransi, yang selalu dikatakan rumit dan berbelit belit. Padahal bila semua diminta di awal dan sekaligus, tidak akan menimbulkan persepsi tentang kerumitan.
Proses administrasi adalah hal yang wajar dalam dunia asuransi. Karena Polis adalah dokumen berharga. Dan merupakan dokumen keuangan keluarga. Pengisian SPAJ sangat berarti saat pengurusan proses klaim. Oleh karena itu jangan pernah meremehkannya. Kemampuan presentasi dan yang lain di lapangan membutuhkan pengalaman dan jam terbang. Namun proses admistrasi hanya membutuhkan kesadaran Anda untuk belajar. Kemampuan Anda pada proses administrasi adalah finalisasi penghasilan Anda. Tanpa proses SPAJ tidak ada komisi di rekening bank Anda !!! (HC)

hq animasi11

Ruko HR. Muhammad Square Blok C-27
Jl. Raya Darmo Permai II Surabaya
Jawa Timur - Indonesia