untidy YES

Suatu saat ada Agen bertanya, ' ada calon nasabah yang sudah gagal ginjal, ingin membeli polis asuransi, apakah bisa diterima ?' Saya bertanya ke agen , ' untuk apa dia membeli polis asuransi ?', tentu saja ingin dicover bila masuk rumah sakit, dan bila meninggal keluarganya dapat menerima uang pertanggungannya, demikian jawab agennya. Pertanyaan lanjutan saya, ' andaikan Anda yang memiliki perusahaan asuransi, apakah Anda mau menerima orang itu sebagai nasabah perusahaan Anda? '. Tanpa menunggu lama Agen tersebut menjawab, 'tentu tidak!!'.  Mengapa ? 'Ya, kan rugi, bakal membayar klaim terus'.

apel

Sering ketika agen di lapangan, calon nasabah membandingkan antara produk yang ditawarkan dengan produk lain dari company yang berbeda. Bila tidak mempunyai pengetahuan produk yang memadai, maka akan sulit membandingkan dari sisi tertentu. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan produk, jangan sampai akibat ketidak tahuan agen terhadap jenis produk, mengakibatkan mengadakan perbandingan secara tidak fair. Ibarat membandingkan jeruk dengan apel. Tidak akan bisa hingga kapanpun.

janjian telpon

Di dalam rangkaian siklus penjualan dalam dunia prospekting yang paling penting adalah bisa bertemu langsung dengan calon nasabah. Karena bisnis life insurance bisa terjadi closing karena high touch, bukan high tech. Artinya pertemuan langsung dengan calon nasabah yang memungkinkan untuk melakukan presentasi dari hati ke hati merupakan hal utama. Keputusan pembelian akibat perasaan yang tersentuh. Mereka memutuskan membeli karena keputusan emosional, bukan keputusan logika.

POLIS

Sering saya bertemu dengan para agen baru di kantor sore hari. Dan berbaur dengan rona wajah yang terbagi dua. Ada yang penuh dengan tawa dan senyum gembira. Namun ada pula dengan wajah yang lesu. Kalaupun harus tersenyum, ada guratan yang tertahan. Dan dari situ saya bisa melihat dan membedakan, mana agen yang hari itu closing atau mendapatkan peluang closing dan mana agen yang hari itu belum closing atau mendapat banyak tolakan. Mendapat objection dari calon nasabah adalah makanan sehari hari bagi agen. Sekalipun bekal yang didapat dari training atau workshop, namun untuk menghandle objection, tiap tiap agen punya cara tersendiri dalam menghadapinya.

jam

Banyak yang mengatakan bisnis life insurance adalah bisnis yang sulit. Pernyataan itu tidaklah salah. Karena berdasarkan fakta, banyak orang yang sudah terjun dalam bisnis ini menemui banyak hambatan dan akhirnya meninggalkan bisnis ini dengan kegagalan. Di lain sisi, kita juga sering mendengar banyak teman yang sukses dan menghasilkan banyak uang melalui bisnis life insurance.

hq animasi11

Ruko HR. Muhammad Square Blok C-27
Jl. Raya Darmo Permai II Surabaya
Jawa Timur - Indonesia